Wisata & Budaya

Berikut ini adalah beberapa Objek Wisata yang ada di Kabupaten Nagan Raya :

1.  Bendungan Irigasi Ule Jalan

irigasi-ule-jalan

Bendungan Irigasi ini letaknya di kecamatan Beutong. Kabupaten Nagan Raya. Bendungan irigasi ini dibangun pada tahun 1991-1993 oleh departemen PU. Irigasi ini mengairi areal persawahan di kabupaten Nagan Raya. Kebutuhan beras khususnya diwilayah Barat Aceh dipasok dari Nagan Raya. Pemandangan di pintu bendungan sangat eksotik. Terjunan air yang tidak terlalu tinggi dengan lebar mungkin mencapai 60 m, dengan latar belakang pegunungan bukit barisan yang hijau dan biru sangat indah di pandangan mata serta air sungainya juga mengalir jernih dan sejuk. Cara Menuju ke Lokasi ini pengunjung bisa menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun kendaraan umum.

 

2.  Krueng Isep

krueng-isep

Objek wisata Krueng Isep merupakan sungai yang indah dan masih sangat alami, merupakan objek wisata akhir pekan masyarakat daerah ini. Aliran sungainya tepat di kaki gunung singgah mata, air sungai ini sangat jernih dan sejuk dan airnya mengalir di atas batuan koral yang ada di dasar sungai.  Lokasinya di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Sungai yang sangat natural ini menjadi tempat wisata favorit tidak hanya dari masyarakat setempat, tetapi juga dari luar kota. Ramai dikunjungi bila akhir pekan ataupun pada saat hari libur. Cara Menuju Lokasi menggunakan mobil, sepeda motor atau angkutan umum.

 

3. Pantai Indah Naga Permai

pantai-indah-naga-permai-header-1160x543

Pantai Indah Naga Permai merupakan  salah satu objek wisata pantai di Nagan Raya, yang ramai dikunjungi warga. Tidak hanya warga Nagan Raya, namun juga dikunjungi oleh warga Aceh Barat, Aceh Barat Daya juga Aceh Selatan karena lokasinya yang strategis berada di tengah-tengah ketiga kabupaten di atas. Pantai ini berlokasi di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Hanya berjarak sekitar 4 Km dari Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya dan juga posisinya dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya.

 

4.  Pantai Seunagan

beutiful-of-seuagan

Pantai seunagan adalah sebuah pantai yg terletak di Gampong  Kubang Gajah, Kec. Kuala Pesisir, Kab. Nagan Raya persis di belakang Bandara Cut Nyak Dhien. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini memiliki pemandangan yang cukup menakjubkan. dengan ombak yg besar, air yang biru, serta garis pantai yang panjang membuat mata tak jera untuk memandangnya.

 

5.  Pantai Suak Dama

pantai-suak-dama-kabupaten-nagan-raya-aceh-1444707669_1
Suak Dama adalah salah satu pantai yang masih sangat alami. panorama alam yang begitu indah membuat masyarakat membuat pengunjung membanjiri pantai tersebut. pepohonan yang berjajaran di pinggiran laut yang diapit dengan sungai. Pantai Suak Dama di Gampong Babah Lueng Kecamatan Tripa Makmur

 

6.  Danau Laut Tadu di Gampong Laut Tadu Kecamatan Tadu Raya

danau-laut-tadu-gampong-kabupaten-nagan-raya-aceh-1444706509_1

 

7.  Panorama Gunung Singgah Mata

Obyek wisata alam ini menjadi favorit tidak hanya penduduk daerah ini, tetapi juga dari luar daerah. Panorama gunung singgah mata memang mempesona. Lokasi tempat wisata ini berada di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Keindahan panorama dari gunung ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk berwisata ke daerah ini. Dengan ketinggian sekitar 6000 kaki dan udaranya yang segar serta sejuk menjadikan obyek wisata yang satu ini selalu ramai di kunjungi

8.  Pantai Nagaya di Gampong Kuala Trang Kecamatan Kuala Pesisir

9.  Makam Habib Muda Seunagan di Gampong Peulekung Kecamatan Seunagan Timur

10. Makam Habib Muda yang berada di Gampong Pulo Ie Kecamatan Seunagan

11. Makam Teuku Seumot di Gampong Seumot Kecamatan Betong

12. Masjid Syaikunna di Gampong Gudang Buloh Kecamatan Kuala

————- to be continue ————————–