Potensi & Produk Unggulan

POTENSI & INVESTASI

potensi-unggulan11. Potensi dan Peluang Investasi Sektor Perkebunan

Di Kabupaten Nagan Raya Sejak berdiri pada Tahun 2002  sudah terdapat banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit berskala nasional  beberapa diantaranya merupakan salah satu perusahaan besar bidang Perkebunan, misalnya PT. Socfindo Indonesia  dan perusahaan perkebunan lainnya . Mengingat lahan yang tersedia cukup luas dan iklim yang memadai tidak mentup kemungkinan akan lahir perkebunan perkebunan lainnya yang berskala nasional dalam kabupaten Nagan Raya.

2.  Potensi dan Peluang Pengembangan Agroindustri

Sejak Tahun 2008 Pemerintah Kabupaten Nagan Raya telah merintis  pengembangan agroindustri yang diarahkan pada penguatan kemampuan produksi guna tercapainya swasembada pangan secara berkelanjutan dan mengembangkan industri turunan dari produk unggulan tanaman pangan, perkebunan, perikanan, meliputi :

2.1  Pengembangan Agroindustri berbasis Tanaman Pangan

Pengembangan agroindustri berbasis tanaman pangan yang dibudidayakan oleh masyarakat, terutama komoditas padi, ubi kayu,jagung, cabe, kacang tanah. Lima Komoditas tanaman pangan ini diarahkan untuk diolah lebih lanjut agar menghasilkan nilai tambah secara ekonomis yang lebih besar dan menjadi komoditas konsumsi   yang bermutu tinggi dan berkualitas ekspor.

2.2  Pengembangan Agrobisnis berbasis Komoditas Perkebunan

Pengembangan  Agrobisnis  berbasis Komoditas Perkebunan di Kabupaten Nagan Raya diantaranya  Pengolahan Kelapa sawit, Karet, Kelapa, Cacao dan biji Kopi.  Masing masing kecamatan menjadi sentra produksi agroindustri misalnya kecamatan Darul Makmur dan Tripa Makmur menjadi  kecamatan  sentra pengolahan lanjutan Karet (rubber), Kelapa(coconut) Kakao (cocoa) biji kopi (coffe bean) yang dihasilkan rakyat, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang dan Tripa Makmur Menjadi Sentra agro indudtri pengolahan biji kopi. Sedangkan Kecamatan Tadu Raya dan Seunagan menjadi Sentra produksi agro industri Kelapa, Kecamatan Beutong dan Seunagan Timur menjadi Sentra pengolahan Karet.

2.3  Pengembangan Komoditas Perikanan

Kabupaten Nagan Raya memiliki hasil tangkap ikan yang melimpah ruah dan pengelolaan budidaya perikanan yang sangat terarah yang diperuntukan untuk diekspor  kekawasan  Asia Tenggara dan Asia Timur, meliputi fish fillet, fresh tuna, dan ikan beku.

 

3. Potensi dan Peluang Ketenagalistrikan

dsc_0340

Dalam Kabupaten Nagan Raya terdapat Sumber Daya alam untuk ketenagan listrikan yang sangat melimpah ruah, dibeberapa kecamatan dalam kabupaten Nagan Raya sehingga tidak heran jika dalam Kabupaten Nagan Raya terdapat beberapa Perusahaan Asing(PMA) yang menanamkan Modalnya di bIdang ketenagalistrikan beberapa diantaranya PT. Richland Power Nagan Raya, yang berada di Beutong Ateuh, PT. Rich Land Tripa Investmen yang berada di Kecamatan Tripa Makmur dan PT. Seunagan Energi  yang berada di Kecamatan Beutong dan  beberapa perusahaan PMDN  salah satunya milik Negara PT. PLN (persero) UIP Pembangkit Sumatera 1 atau disebut  PLTU Suak Puntong yang menjadi Sumber Listrik untuk Aceh dan Sumatera  serta tidak menutup kemungkinan perusahaan perusahaan lainnya yang akan menanamkan modalnya dalam Kabupaten Nagan Raya, mengingat Sumer daya alam yang masih tersedia dalam Kabupaten Nagan Raya.

 

 

4.  Potensi dan Peluang Kepariwisataan

slide4

slide3

Kabupaten Nagan Raya merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh yang memiliki Panorama Alam yang sangat menarik baik pegunungannnya maupun suguhan sungai sungai yang berjejer sangat indah serta hamparan laut yang biru. Gunung Singgah Mata merupakan salah satu gunung yang terdapat di Kabupaten Nagan Raya yang memiliki ketinggian 2812 Mdpl yang  selain memiliki suhu dibawah rata-rata gunung singgah mata juga memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan ketika kita berada di puncaknya  , dan bantaran sungai yang sangat indah salah satunya sungai krueng Isep yang memiliki  air yang sangat jernih dan masih natural yang belum terkena polusi.